Jumat, 24 Mei 2013

Tugak KKPI , SMK PGRI 1

B.    Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Jelaskan spesifikasi minimal komputer yang dapat     digunakan untuk mengakses internet !
2. Sebutkan empat cara mengakses internet yang lazim digunakan di Indonesia !
3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan penggunaan modem eksternal !
4. Apakah manfaat yang di peroleh jika menggunakan Wajanbolig E-Goen ?
5. Jelaskan langkah mencari koneksi untuk dapat mengakses internet memakai wifi !
Jawab :
1.     Komputer maupun perangkat komputer dapat digunakan untuk mengakses jika memenuhi syarat tertentu. Misalnya komputer harus memiliki modem, jaringan komputer, dan beberapa alat pendukung yang lain.
2.    Secara garis besar, terdapat beberapa cara mengakses internet. Cara-cara yang lazim digunakan di Indonesia sebagai berikut :
1.     Mengakses mengunakan jaringan LAN (Local Arae Network).Cara ini banyak digunakan di warung internet dan perkantoran.
2.    Mengakses menggunakan laptop dengan sarana wifi. Cara ini marak digunakan di kafe, mal, kompleks pemerintahan, dan kampus. Tempat-tempat yang dapat digunakan untuk mengakses internet dengan wifi biasa dberi keterangan hotspot area.  
3.    Mengakses menggunakan metode dial up. Dengan metode ini Anda dapat mengakses internet menggunakan komputer pribadi yang telah dilengkapi modem.
4.    Mengakses menggunakan telepon seluler. Selain digunakan sebagai sarana komunikasi dan modem, sekarang banyak beredar telepon seluler yang dapat digunakan untuk mengakses internet.
3.    Kelebihannya adalah modem USB serta modem telepon seluler praktis karena mudah dipindah-pindahkan. Sedangkan Kelemahannya yaitu harganya lebih mahal dari pada modem internal dan membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri.
4.    Manfaat Wajanbolis E-Goen yaitu dirancang untuk menangkap sinyal wifi atau sinyal wireless agar lebih kuat. Jadi, misalkan Anda bertempat tinggal di daerah sekitar area hotspot  tetapi tidak dapat menangkap sinyal, Anda dapat menggunakan antena ini sebagai penguat sinyal. Syaratnya, lokasi Anda berada dalam radius kerang lebih 3 kilometer dari pusat hotspot. 
5.    Mencari koneksi artinya menscari hotspot atau jaringan yang dapat Anda akses. Langkah mencari koneksi sebagai berikut :
1)    Sakelar wifi dihidupkan (dalam keadaan on)
2)   Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada ikon Wireless Network Connection.
Untuk melihat jaringan yang tersedia, lakukan klik kanan pada ikon Wireless Network Connection, kemudian pilihlah View Available Wireless Network.
Memerikasa jaringan wireless yang tersedia.
                 3)    Selanjutnya komputer akan menampilkan kotak Wireless          Network Connection. Untuk mengaktifkan salah satu jaringan, lalu klik ganda  pada nama jaringan. Selanjutnya komputer akan melakukan proses sehingga   komputer terhubung dengan jaringan yang dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar